Tuesday, December 14, 2004

Sendirian, why not?!

“Apa seru nya sih dew, nonton bioskop sendirian?” atau “Gak risi dew, nonton sendirian?” ada lagi nih ”Jangan kayak loner gitu deh , malu-maluin aja ke bioskop sendirian”. (Diiiiih suka – suka gue deh :P ) Gak ada salahnya kan, kalo nonton bioskop tanpa teman, atau sekedar minum kopi di kafe sebuah mal ,sendirian. Bukan karena gue cewek, kan, ada comment begitu?

Gue punya bioskop favorite, sejak setahun yang lalu. Deket rumah siij untungnya. Tempat paling seru menghabiskan hari minggu. Biasanya dalam sehari sanggup nonton 2 kali pemutaran film dengan 2 judul berbeda tentunya ( kalo gak rugi,bo`). Dan yang bikin setiap hari minggu itu seru karena dilewatkan dengan nonton ke bioskop sendirian! Itulah bagian terbaiknya! Gak risi nonton sendirian? Gak doong, peduli amat ama orang lain. Kenapa? Takut dikira “lagi cari mangsa”? Memang gerak gerik gue terlihat seperti sedang cari mangsa apa? Gak dooong. Gak seru kalo nonton sendirian? Loh, justru seru banget dong, kan jadi berasa punya home teater sendiri. Bayangkan, se studio berasa milik pribadi, karena yang nonton kan pasti dikiiit banget, layar segede itu, puassss deh pokoknya. ( Emm…disarankan nontonnya di 21 Pamulang ya, yang deket rumah-ku, dijamin satu studio cuman berisi paling banyak 20 orang, untuk jumlah seat yang normal hehe) . Gosh! I missed that moment! Sayangnya sejak sebelum Ramadhan kemaren 21-ku sedang di renovasi, dan belum terlihat akan selesai dalam waktu dekat.

Sekali waktu berpapasan ama seorang teman di sebuah mall. Yah, ditanya lagi deh “ Sama siapa, sendirian aja?” Loh, what`s wrong my friends, kalo sendirian? Temenku gak mungkin ngejawab “ Gak takut diculik, jalan – jalan sendirian” Hehe! Maksud `loooh?? Hmmm karena gue cewek….so ??

Budaya kita kelihatannya “gak terima” kalo ada perbedaan. Umumnya kan kalo jalan – jalan ke mall minimal berdua pacar, atau sama teman-teman bertiga,4,5 ( wuih, rame banget!). Kalo ngeliat ada yang stand alone, wah..ada yang gak beres nih . Gosssip banget,deh (you know what I mind). Hal – hal semacam itu sepertinya lebih ke menjadi tuntutan sosial. Demi memenuhi kebutuhan sosial aja, makanya gak pede jalan sendirian, nanti bisa di kira “yang enggak – enggak” ama orang. Walaupun jakarta sudah jadi kota metropolitan, budaya kita masiiih aja kental untuk beberapa hal dalam tatanan kehidupan sosial. Kalo dulu orang masih malu-malu buat speak-out, sekarang masih ada juga yang tetap gak bisa terima pendapat orang lain dengan hati terbuka. Kalo jaman dulu beraninya keroyokan, masak jaman sekarang masiiih aja kemana - mana gak pede sendirian?

Katanya kalo sering terlihat terlalu pede ngelakuin apa-apa sendirian gitu, terlalu menonjolkan positioning sebagai perempuan mandiri. Dan hal ini gak bagus buat perempuan dalam tatanan sosial di negeri ini loh, bikin cowok-cowok “takut”, katanya. Khas nya wanita karir. She`s got education, excelent carrier, and she`s got money also. Jaman sekarang hal itu yang bikin perempuan pede dan mau gak mau hal yang kayak gitu nge - push supaya mandiri to survive in this very crouded world .

Menurut gue perempuan tuh gak ada salahnya ngeliatin kemandirian-nya. Pede aja lagi ngerjain apa – apa sendirian, memang mampu ini. Generasi nya fun fearless female mana takut ama perubahan, dan gak masalah deh ama perbedaan. Tapi tetap dalam tatanan sosial yang logis buat orang timur loooh, karena kita kan gak hidup sendiri, kuatnya sistem kekeluargaan, tabu dan pamali frase, masih mengakar untuk memperindah nilai2 sosial di masyarakat kita kayaknya.

3 comments:

Anonymous said...

sapa yg suka komen gitu say? sini ta tonjoknya... hihihiiiy..

cieee, genti hejo neeeehh... cuiwiiitttttt... :D

-mommyna deeja-

Anonymous said...

Kapan-kapan boleh gak nemenin?...trus nanti kenalan...pamulang deketlah dari ciputat...

Nurul Diana said...

wah sama banget, gw sering tuh nonton sendirian khususnya film2 festival, soalnya susah ngajak orang yg bener2 mau..drpd ribet mending sendiri.

prinsipnya cuekin aja tatapan orang yang mungkin menaruh iba terhadap diriku :))