Tuesday, November 30, 2004

Nabung yuks!

Settingnya ruang meeting imut di lantai dasar sebuah pusat perkantoran, yang kalo pas jam makan siang bisa berubah fungsi jadi pantry ( baca: ruang makan :) ) Hampir semua kursi terisi. Beberapa orang cewek dan cowok ( tipikal anak agency deh, kalo pake istilah AE gue, hehe ). Maksudnya kalo lagi makan siang bareng gitu suka sekalian dimanfaatin buat FGD kecil-kecilan, ngumpulin insight, gak mau rugi banget! hehe:P. Becanda - becanda dulu trus cela-celaan, biasa deeehhh...kurang lengkap kalo gak pake sessi nyela deh kalo lagi kumpul. Habis pesenan makanan gak kunjung dateng juga, padahal udah pesen dari kapan taon deh,:( Kalo makin laper kan makin guarrring tuh becandanya.

Udah capek nyela, udah capek nunggu makanan jugak, mulai deh pertanyaan2 seurieus menggali insight. Temen gue itu yang lagi megang klien salah satu bank gede di Jakarta kayaknya mo propose program acara buat ningkatin jumlah nasabah. Pertanyaannya apakah kalo ada iming-iming hadiah baik itu berupa benda,( mobil atau rumah, gitu kan...) bakal membuat kita tertarik buat buka account lagi gak di bank lain? Kalau rewardnya berupa uang tunai apa lebih menarik daripada benda? Ternyata kebanyakan menjawab lebih senang kalo rewardnya berupa uang tunai!. Mata duitaaaan memang semua nya ya! Hehe.Ya iya laaahh...secara gaya hidup konsumtif aja deh yang di jual dimana - mana sekarang ini, gimana gak pada hijo ama duit, bo! :))



Trus sampai akhirnya lebih private nih nanya-nya. Udah diluar konteks FGD siiiih.... Ada temen gue yang cerita kalo dia tuh gak pernah nabung. Jadi kalo ada kebutuhan mendadak, gak punya duit satu - satunya andalah ya Credit Card. Langsung memancing banyak komentar kan itu. Banyak saran ke temen gue itu, udah bukan saaatnya lagi se usia kita2 gak punya tabungan bo`, hari gini gitu loooh, kondisi perekonomian belon stabil, sebagai karyawan kan bisa aja kita dipecat sewaktu- waktu( kasarnyaa...). Makanya cukup riskan kalo hari gini masih belon mulai punya tabungan.

Idealnya kan kita harus saving 10% langsung di transfer ke rekening tabungan tiap bulannya, supaya bisa awet tuh duit. Tapi tau gak siiiij, ada salah satu temen gue yang memangkas 50% dari salary tiap bulannya buat di tabung bo`! Gila ya! gak kebanyakan tuh?! Bisa cepet kaya tuh kalo nabung sebanyak itu tiap bulan, ya kan? :D Ternyata alasannya, dimasa lalu tuh dia gak pernah nabung. Semua salary nya habis diap bulan buat shopping dan senang-senang, jadi dia diperingatkan supaya mulai menabung, mengejar ketinggalan di masa lalu itu. makanya nabungnya lebih banyak ( kalo gak slah begitu deh dia bilang). Yang bikin heran dia cukup disiplin loh ama kebiasaan menabungnya yang `hebat` ituh, gue sampe kagum! Soalnya dia terlihat tetap bisa menikamti hidup walopun cuma punya 1/2 dari yang seharusnya dia pake buat senang - senang, jangan - jangan.....salarynya guede banget , pantesan gak masalah walopun 1/2-nya di tabung B-).

Gue sendiri baru mulai disiplin buat rutin menyisihkan 10% dari salary tiap bulan buat saving itu awal tahun ini, ketika tahun ini kesempatan buat mroyek gak segede tahun-tahun yang lalu. Di akhir tahun ini setelah gue cek print-out rekening gue, ternyata lumayan ya, yang bisa kita hemat dengan hanya 10% saving tiap bulan itu! kaalo dulu gue pikir, terlalu kecil deh buat nabung dari 10% itu, mending kalo ada proyek, semua hasilnya di tabung, biar lebih berasa, tau nya?? klau di mulai dari yang sedikit,lama lama bisa jadi bukit juga hihihihi....( jadul banget pepetahnya). Tapi kan.....enak banget kalo bisa nabung 50% salary tiap bulan...:(( teteeppp...gak rela deh kayaknya.....:D

1 comment:

Pojok Hablay said...

di beberapa negara gak ada hadiah tuh kalo nabung. boro-boro hadiah, wong bunga aja gak ada. hiks. gue gak bisa nabung nih...kyaaa