Sunday, November 21, 2004

Lebaran lebaran!

Sabtu, hari terakhir puasa Ramadhan 1425 H. Tahun ini total jendral cuman dapet 20 hari puasa, kepotong diawal dan akhir karena berhalangan.Alhamdulillah bisa ngerasain hari terakhir ikut puasa. Hari terakhir puasa biasanya berlalu lamaaaaaa…banget! Rasanya sudah puas mengerjakan apa saja, tapi magrib gak kunjung datang juga. Cobaannya berasa lebih berat, secara waktu yang kayaknya bergerak pelan menuju buka puasa. Subyektif barangkali ini, tapi gue sih sealu notice hampir tiap tahun.

Sama seperti kalau pas Hari Raya pertama dan ke-2, kayaknya jarum jam gak bergerak-gerak sampai angka 12 , lamaaaaa banget rasanya supaya sampai angka 12 apa lagi menuju 6 sore. Kalu diambil hikmahnya, pasti Tuhan ngasi waktu sebanyak-banyaknya buat kita bersilaturahmi, menabur maaf dan meminta maaf, supaya setelah hari ini hati bisa suci kembali sampai tahun depan.

Cuma,kebayang kan bosennya kalo di rumah aja? Kebayang deh gak serunya kalo Lebaran di Jakarta. Soalnya silaturahmi di kota besar kebanyakan memanfaatkan teknologi telekomunikasi, sms! Tahun ini lucu deh, puncak-puncaknya banjir sms silaturahmi terjadi pas malam takbiran, bahkan sehari sebelumnya sudah banyak sms yang masuk buat minal aidzin. Mungkin mumpung jaringan operator selular belum padat seperti kalo pas 1 Syawal, makanya lebih baik mendahului. Yang bikin senang, ternyata kebanyakan dari kita gak mau terlambat ya buat bermaaf-maaf-an . J Sehari sebelum Ied, sudah pada menyebar message maaf lahir bathin. Sukurlah tahun ini pelayanan operator selular lebih baik dari tahun lalu, belum ada message yang statusnya pending, thanks to Pro XL! :D

Sayangnya, kebiasaan berkunjung buat silaturahmi di kota besar sedikit sekali. Di komplek rumah biasanya sehabis sholat Ied, bersalam-salaman hanya dilakukan di depan pagar rumah aja. Biasanya keluarga yang rumahnya terletak di daerah agak bawah, jalan berombongan menuju rumah yang letaknya di daerah atas( kebetulan rumahku di daerah atas nih, jadi cuman nunggu depan rumah aja, gak perlu jalan ikutan rombongan silaturahmi hehe ). Habis itu, bubar deh!. Kalo yang sodaranya gak berada di Jakarta, artinya ceremony lebaran-nya udahan. Menunggu jarum jam menuju angka 12 siang biasanya sambil makan ketupat ( lagi-lagi-lagi- hihi) sambil ditemani, apalagi kalo bukan film indonesia: Warkop DKI! Hehe.

That’s why…tiap lebaran arus mudik selalu aja padat!. Mereka ingin merasakan suasana lebaran yang “lain”, suasana bathin yang ‘berbeda’ dari yang biasanya. Memang sebetulnya lebih seru merayakan Lebaran di kampung halaman, Suasana silaturahmi kekeluargaan-nya lebih terasa. Suasana Ied-nya beda sama yang di Jakarta. Gak bakalan tersiksa boring nungguin jam 12 sambil nonton Warkop DKI, perut gak bakal sampe mau meledak kebanyakan makan ketupat , ato mata ampe kelilipan nge-games melulu depan komputer…Karena kalo dikampung, hampir tiap rumah harus dikunjungi, dan gak ada tuh rumah yang kosong karena penghuninya malah jalan-jalan ke Dufan atau mall ,sehabis sholat Ied, seperti di Jakarta :)

1 comment:

Anonymous said...

waaaaah, enak banget say makan ketupat... :D

- mommy-na deeja -