Tuesday, January 16, 2007

bajaj

Temen gue Anggi cerita kalo kakak iparnya yang orang jepang itu wiken kemarin lagi-lagi ngeborong miniatur bajaj. Kalo di hitung2 mungkin sudah terkumpul 10 biji buat dibawa ke jepang sbg oleh2. Dia heran kenapa kakak iparnya itu menganggap bajaj unik dan sangat menarik sampe begitu bersemangat hunting setiap kali datang ke Jakarta.

Beberapa bulan yang lalu lagi jalan-jalan di pim. waktu melewati skywalk(yang utara apa selatan ya? lupa) gue dan Putra si designer product berhenti di sebuah toko hobby yang mendisplay miniatur bajaj.
Tertarik akan finishingnya yang keliatan jauh lebih rapi dibanding miniatur serupa yg di jual di pinggir jalan, kita berdua masuk utk melihat lebih dekat, sekalian cek harga tentunya.

Hal pertama yg kita cek adl harga yang nempel di bagian base si bajaj.wuahh, mahal juga nih bajaj mini, masak bisa sampe 300rb-an siy?
Setelah putar sana sini, membolak balik miniatur, ngecek detail di setiap sudut ketemu deh label yang menjelaskan kalo bajaj mini ini bukan buatan lokal melainkan thailand. Pantesan modelnya kalo diperhatikan benar gak sama persis bajaj Jakarta, lebih panjang dibandingkan bajaj lokal.

Jujur aja..(gak pake kacang ijo, eh itu siy bubur kaleee) kalo di tanya kendaraan umum favorit gue di jakarta adalah...jeng jeng jeeeng: bajaj!
Ma'aaap..bukan bermaksud terpengaruh ama sitkom bajaj bajuri.., bukan pula karena sok nyentrik naik barang antik...maap...mmaap...(laah kok jadi kayak pok Minah)

Alasan logis utama sudah tentu efisiensi waktu.Secara kalo diperhatikan bajaj tuh lebih mudah nyelinap sana sini menghindari macet, so bisa sampe tujuan lebih cepat dibanding bis patas,taxi,kopaja dan metromini.
Alasan biologisnya adalah keutuhan tatanan rambut lebih bisa terkontrouwl... Secara gak harus pake helm spt kalo mo naik ojek motor. Males banget kan make helm abang2, sisir aja gk boleh minjem krn beresiko bikin ketombean, apalagi helm bow!
Jadi gk bakal mengalami hari yg buruk, secara biologis gak bakal bad mood gara2 bad hair day...begetoohh..

Secara harga juga gak ada patokan khusus yg di tentukan utk menempuh suatu jarak tertentu.
Bisa2nya kita nge deal si-abang nya aja lah. Kalo pake senyum super manis,insyaallah bisa lebih murah kok.

Waktu ktr gue di daerah kemang, kyknya gk ada hari tanpa bajaj. pagi2 kejebak macet di buncit, bajaj...mo makan siang ke blok m..bajaj,sampe takut telat nonton di pim pun si bajaj siap ngebut!!

Kendaraan ini relatif aman pula. Kalo malem gak usah was was spt kalo naik taxi yg harus pilih2 merek dulu, scr kontrol kan ada di kita, posisi penumpang kan di belakang sopir persis. Satu2nya kekawatiran adl pada saat kendaraan ini akan melakukan manufer,membelok.
Karena cuman si sopirnya dan Tuhan lah yang tau kapan doski mo belok, scr gak ada lampu sen dan kayaknya gak afdol kalo gak tiba2 nyelinap masuk jalan tikus nghindari macet.

Ada baiknya gak menggunakan jenis transportasi ini utk jarak yg relatif jauh. Beresiko merusak pendengaran soalnya. Tau sendiri kan bunyi mesinnya yang outstanding ngalahin orangenya yg nge-jreng, di tambah lagi shaking effectnya berasa kyk lg goyang ngeborr.
Cuman sopirnya yang tahan ama keistimewaanya ini,bangga malah. Pernah sekali waktu gue dan 3 org teman yg lg heboh cekikikan dlm perjalanan menuju pasaraya jadi sasaran kemarahan si sopir krn cekikitan kita nyaris ngalahin suara mesin bajajnya yg berisik abis. Doski gak rela ada yg lebih berisik dari bajajnya!

Sedikit tips supaya gak kemahalan,baiknya siy pake jurus sok udah biasa bepergian pake bajaj. Jadi begitu nyetop bajaj kepala melongok ke dalam sambil sebutin tujuan serta harga yg kita mau. Kayak gini gue biasanya: "...pasaraya bang,5000 ya" sementara itu tangan gue udah ngebuka pintu dan langsung duduk manis nunggu si abangnya ngebut. Deal deh!
Tapi seringnya siy gue suka tiba2 kasian ngeliat si abangnya dlm posisi pasrah ama tekanan harga gue, makanya waktu bayar biasanya suka gue lebihin 1000-2000 dari harga paksaan gueh hihi.

1 comment:

Pip said...

Emang mo naik bajaj dari lebak bulus ke kantor?

Skenario yang bakal terjadi kalo lo melakukannya adalah:
1. Pendengaran berkurang 47%
2. Otot kaku hingga 56%
3. Pantat memanas hingga 48 derajat celcius
4. Semua gejala di atas.

Hehehe...